5 Sifat Teladan R.A. Kartini Bikin Bisnismu Sukses

karini

Untuk membuka bisnis, terkadang sikap adalah hal penting untuk memulainya. Untuk membuka bisnismu, bukan hanya modal dan omset saja yang jadi masalah. Sifat juga akan berpengaruh dengan jalannya bisnismu. Bisa jadi pelanggan tidak datang ke kamu karna sikap dan sifatmu lo. Nah kami dari Jeclock punya saran yang bisa kamu contoh. Untuk perkembangan bisnismu selanjutnya. Ada beberapa sifat teladan dari ibu Kartini yang bisa kita contoh. Bukan hanya untuk sehari – hari tapi juga untuk usahamu juga. Beberapa sifat yang bisa dicontoh adalah :

  • Be Humble, Sosok RA Kartini sangatlah ramah terhadap siapapun. Beliau mencontohkannya ke adik – adiknya. Terhadap adik – adiknya beliau menyuruh mereka untuk memanggilnya kartini, tidak perlu menunduk apabila jalan didepannya, tidak pindah duduk saat ia akan duduk. Yang saat itu seorang yang lebih muda dari dari kelas bangsawan harus melakukan kebalikan dari semua itu.
  • Be Respectful to each other, Siapa sih yang gak mau dihormati, apalagi pelanggan. R.A Kartini sendiri juga sangat menghormati sesama dan orang tua. Beliau menghormati setiap hak orang lain, dan tetap menghormati keputusan – keputusan orang tuanya terhadap dirinya. Jadi tetap hormati sesama ya apalagi pelangganmu.
  • Be Simple, menjadi sosok yang sederhana bukan berarti harus pelit untuk diri sendiri. Banyak nih dari kita lebih mengutamakan penampilan saat udah diatas. Padahal dengan menjadi pribadi yang sederhana, kita bisa punya waktu yang lebih banyak dalam mengurusi bisnis kita lo. Begitu juga ibu Kartini, beliau dengan kesederhanaannya sampai memiliki waktu untuk memberikan pendidikan kepada wanita – wanita disekitarnya.
  • Be Optimistic, Kalau kamu tidak optimis dengan usahamu, lalu siapa yang mau. Jadi optimis berarti kamu sudah tau akan kamu bawa kemana usahamu ini. Dan juga menjadi optimis bisa membuat kamu bersemangat dan termotivasi untuk menjalankannya juga lo. Seorang kartini saja di era penjajahan yang semua terbatas, bisa kok membuat sekolah wanitanya yang pertama dan membagikan ilmu ke sesama wanita.
  • Be Realistic, R.A. Kartini selain seorang pemimpi akan kesetaraan gender. Beliau juga tau bagaimana untuk menggapainya. Dengan ilmu pengetahuan dan akhlak dia tau langkah apa yang harus dilakukan untuk menggapai mimpinya. Kamu juga bisa kok. Dengan banyak membaca buku untuk menaikkan omsetmu atau meningkatkan penjualanmu. Pasti ada jalan untuk menyelesaikan masalah usahamu yang kamu alami sekarang.

Nah tadi adalah beberapa sifat yang bisa kamu tiru dari tokoh emansipasi wanita R.A. kartini. Tentunya dengan usahamu yang berkembang. Kamu akan perlu untuk cari karyawan. Dan untuk mengelola karyawan dari absen, cuti, gaji, dll. Kalau kamu merasa kesulitan untuk itu kamu bisa kok pake aplikasi jeclock untuk mengaturnya bisa hubungi kami  atau yuk kunjungi kami di instagram kami https://www.instagram.com/dorandev.id/ .

Leave a Reply

Your email address will not be published.